Macam-Macam Sunnah dan Pengertiannya (Sunnah Qauliyah, Fi'liyah, dan Taqririyah)


Caratotal.com_Pengertian hadits atau sunnah terdiri dari tiga bentuk utama yaitu yang menyangkut perkataan (Qauliyah), perbuatan (Fi’liyah), dan pengakuan (Taqririyah) Nabi Muhammad saw. Pemaparan ketiga macam bentuk sunnah berikut ini, selain mendudukkan pengertian masing-masing, juga dengan manyajikan contoh-contohnya.

A.      Sunnah Qauliyah

Yang dimaksud sunnah qauliyah adalah bentuk perkataan atau ucapan yang di sandarkan kepada Nabi Muhammad saw. Dengan kata lain, jenis sunnah tersebut berupa perkataan Nabi Muhammad saw. Yang berisi berbagai tuntunan dan petunjuk syarak, peristiwa-peristiwa, atau kisah-kisah, baik yang berkaitan dengan aspek aqidah, syariat, maupun akhlak.

B.      Sunnah Fi’liyah

Yang dimaksud sunnah fi’liyah adalah segala perbuatan yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw. Dengan kata lain, jenis sunnah tersebut berupa perbuatan Nabi Muhammad saw. Perbuatan itu menjadi rujukan perilaku para sahabat pada masa itu dan menjadi keharusan bbagi ummat islam untuk mengikuti dan meneladaninya.

C.      Sunnah Taqririyah

Yang dimaksud sunnah taqririyah adalah sunnah yang berupa ketetapan Nabi Muhammad saw. Terhadap apa yang dating atau dilakukan para sahabatnya. Beliau mendiamkan atau membiarkan  suatu perbuatan yang dilakukan para sahabatnya tanpa memberikan penegasan, apakah beliau membenarkan atau menyalahkannya. Sikap Nabi yang demikian dijadikan dasar oleh para sahabat sebagai dalil taqriri. Maksudnya, dapat dijadikan hujjah atau mempunyai kekuatan hukum untuk menetapkan suatu ketentuan syarak.

Demikianlah macam-macam sunnah beserta dengan penjelasan dan perbedaanya, semoga setelah membaca article ini, teman-teman sekalian mengerti perbedaan antara ketigga macam sunnah tersebut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Sunnah dan Pengertiannya (Sunnah Qauliyah, Fi'liyah, dan Taqririyah) "

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan santun dan sesuai tata krama kebijakan Google