5 Hikmah Diturunkannya Al-Quran Secara Berangsur-angsur

Caratotal.com - Segala sesuatu yang diciptakan Allah swt di alam ini pasti mempunyai hikmah. Demikian juga, penurunan Al-Quran secara berangsur-angsur. Di antara hikmah diturunkannya Al-Quran secara berangsung-angsur adalah sebagai berikut.

1. Mempermudah dalam menghafal

Al-Quran diturunkan secara berangsung-angsur agar mudah dihafal, baik oleh Nabi Muhammad saw sendiri maupun bagi sahabatnya ketika nabi Muhammad menyampaikan atau mengajarkan kepada mereka. Di samping itu, juga memudahkan dalam penulisannya oleh para penulis wahyu ketika itu.

"Dan Al-Quran (kami diturunkan) dengan berangsur-angsur agar engkau (Muhammad) membacakannya kepada manusia secara perlahan-lahan dan kami menurunkannya secara bertahap. (Q.S.Al-Isra : 106)

2. Memperteguh hati Rasulullah saw

Rasulullah saw. diutus kepada kaum yang penuh dengan tradisi bertentangan dengan ajaran islam. Untuk memantapkan hati dalam melakukan tugas suci dan menghadapi kesulitan, Allah swt membimbing dengan wahyu dengan diturunkannya sesuai dengan kebutuhan beliau saat itu. 

"Dan orang-orang kafir berkata "mengapa Al-Quran itu tidak diturunkan kepadanya sekaligus?" Demikianlah, agar kami memperteguh hatimu (Muhammad) dengannya dan kami membacakannya secara tartil (berangsur-angsur, perlahan, dan benar). (Q.S. Al.Furqan : 32).


3. Mempermudah dalam memahami dan melaksanakan ajarannya

Al-Quran merupakan pedoman hidup manusia yang harus diikuti. Untuk dapat memahami ajarannya membutuhkan waktu. Dengan berangsur-angsurnya Al-Quran turun, berarti akan lebih muda dipahami dan dilaksanakan ajarannya.

4. Meringankan dalam menyampaikan

Dengan turunnya AL-Quran secara berangsur-angsur, Nabi Muhammad saw. tidak berat dalam menyampaikan dan mengajarkan Al-Quran kepada para sahabatnya. Secara psikologis, orang enggan melaksanakan perintah atau meninggalkan larangan yang diberikan secara mendadak.

5. Menjawab atas permasalahan yang sedang dihadapi Rasulullah saw.

Banyak ayat Al-Quran yang diturunkan berkenaan dengan suatu peristiwa tertentu. Dengan adanya jawaban langsung terhadap masalah itu akan lebih meresap dan mantap pengaruhnya kedalam hati seseorang. Peristiwa yang melatarbelakangi turunnya ayat disebut asbab an-nuzul. Misalnya, turunnya surat al-hujurat ayat 13 berkenaan dengan peristiwa Bilal ibn Rabah yang berkulit hitam mendapat ejekan ketika mengumandangkan adzan. Diturunkannya ayat itu untuk memberikan ketegasan bahwa di dalam Islam tidak ada diskriminasi. Yang menentukan kualitas seseorang dihadapan Allah adalah iman dan taqwanya.

Diantara ayat Al-Quran yang diturunkan itu adalah sebagai teguran terhadap perbuatan yang bertentangan dengan syariat islam. Sebagai contoh, ketika terjadi perang Hunain, hati ummat islam dihinggapi sifat sombong dan merasa yakin dapat memenangkan peperangan. Akan tetapi, mereka berantakan dan mengalami kekalahan, sebagaimana tersebut dalam surat At-taubah ayat 25. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hikmah Diturunkannya Al-Quran Secara Berangsur-angsur"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan santun dan sesuai tata krama kebijakan Google