Kedudukan Wanita Menurut Al-Quran

Caratotal.com - Dalam sejarah dahulu kala kita membaca betapa rendahnya kedudukan wanita dalam pandangan masyarakat. Lama wanita mengalami penderitaan batin, merasa dihina, diabadikan dan diperlakukan tidak senonoh. Padahal jika wanita merasa tertekan perasaan, dia akan kehilangan kemampuan untuk mendidik anak dengan cara yang sehat, dan ia tidak akan mampu menciptakan ketentraman dan kebahagiaan rumah tangga, bahkan kadang-kadang ia melompat  ke luar menjadi perusak dalam masyarakat, penghambat pembangunan pada umumnya.

Al-Quran yang mengangkat tinggi derajat wanita, ratusan ayat yang membahas tentang wanita, dengan hak dan kewajibannya. Wanita harus dipelihara, dijaga, dihargai dan dimuliakan. Banyak ayat-ayat mengenai perlakuan terhadap wanita baik ia sebagai ibu, isteri, ibu dan saudara, dan apa pula kewajiban yang harus dilaksanakannya terhadap suami, orang tua, ank, sanak saudara dan orang lain.


Pedoman yang sangat penting adalah terhadap dirinya sendiri. Ia harus pandai menjaga diri, agar harga dirinya tetap dapat dipertahankan. Ia harus dapat mengatur tingkah lakunya, gerak-geriknya, serta caranya berpakaian, karena keseluruhan tubuhnya dapat menimbulkan rangsangan dan fitnah. Seperti diperingatkan Allah dalam surat Ali Imran ayat 14

Artinya : "Dihiasi manusia itu dengan kecenderungan (kecintaan terhadap wanita)

Karena wanita harus menjaga diri, seperti diperingatkan dalam Surat Al Ahzab ayat 59

Artinya : "Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isteri kalian, anak perempuan kalian dan isteri orang-orang beriman. Hendaklah mereka mengalurkan memanjangkan jilbab (baju) mereka. Dengan demikian mereka mudah dikenal, maka mereka tidak akan diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi maha Maha Penyayang."

Semakin dipelihara wanita di suatu negara, akan semakin mulia dan kuatlah sendi-sendi kehidupan sosial dalam negara itu. Dan sebaliknya, jika di suatu negara moral wanitanya rusak binasa dan kurang dihargai oleh masyrakat, maka akan hancurlah sendi-sendi kehidupan sosial dalam negara tersebut.

Demikianlah cuplikan kecil dari kandungan Al Quran, yang dapat saya ungkapkan dalam waktu yang sangat terbatas ini. Mudah-mudahan ada manfaatnya.

Sebagai kesimpulan dapat saya katakan bahwa : Semakin difahami isi Al Qur-an akan semakin terasalah kebutuhan kita akan tuntunan Nya untuk menjadi pegangan hidup dalam dunia yang semakin goncang ini, terutama bagi kita yang sedang menghadapi pembangunan di segala bidang.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kedudukan Wanita Menurut Al-Quran"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan santun dan sesuai tata krama kebijakan Google