Manusia Dapat Melihat Tuhan "INI HADITSNYA"

Caratotal.com - Melihat Tuhan dianggap sebagai hal yang mustahil bahkan lelucon bagi manusia pada umumnya, namun ada sebagian kecil orang yang meyakini bahwa manusia itu dapat melihat Tuhan, mereka meyakini hal tersebut karena berdasarkan dari Hadits Rasulullah saw.

Rasulullah bersabda : (al Kawasyful Jilliah)

"Dari Jubair bin Abdullah al-Bajli berkata: "Kami sedang duduk-duduk bersama Rasulullah, ketika itu Rasulullah melihat ke bulan purnama pada malam empat belas, seraya beliau bersabda bahwa sesungguhnya kamu sekalian akan melihat Tuhan secara kenyataan sebagaimana yang engkau lihat ini (bulan purnama)". (Shahihul Bukhari dan Muslim).

Pada Hadits yang lain Rasulullah bersabda:

Dari Uddy bin Khatim: "Tiada seorang pun dari pada kamu melainkan akan berkata-kata dengan Tuhan dalam keadaan tiada batas antaranya dan antara Tuhan sebagai penterjemah dan tiada pula hijab/tabir yang menutupinya". (Riwayat Bukhari)


Hadits-hadits tentang kemungkinan dilihatnya Tuhan masih banyak. Dari beberapa pendapat tersebut di atas, ada dari tokoh-tokoh Sahabat Nabi, dari tokoh-tokoh Imam Tasawwuf, ada dari tokoh-tokoh ulama Tauhid, mereka itu telah memberikan penjelasan tentang masalah melihat Tuhan sebagai aspek-aspek Tasawwuf dalam segi aqidah dan syariah.

Dalam pada ini penganut-penganut aliran Ibnu Taimiah mengambil kesimpulan dalam kitab Al-Kawasyful Jilliah, kesimpulan dimana dalam bentuk kaidah, dikatakan:

"Dan dari persoalan tentang melihat, sesungguhnya tiap-tiap yang maujud sah dilihat".

Berdasarkan kaidah ini, apalagi Allah adalah yang "wajibul wujud"/wajib adanya dan wajib di-imani adanya, dengan sendirinya memberikan kemungkinan untuk dapat dilihat.

Artinya masalah melihat Tuhan itu hukumnya harus/boleh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manusia Dapat Melihat Tuhan "INI HADITSNYA""

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan santun dan sesuai tata krama kebijakan Google