Pengertian, Persamaan Dan Perbedaan Antara Wahyu dan Ilham

Caratotal.com - Wahyu ada adalah pemberitahuan Allah swt kepada hamba-hambanya yang terpilih. Pemberitahuan tersebut mengenai segala sesuatu yang dikehendakinya untuk disampaikan kepada umat manusia baik berupa hidayah maupun ilmu. Wahyu disampaikan dengan cara rahasia dan tidak dapat terjadi pada manusia biasa. 

Setelah mengetahui pengertian wahyu, perlu kiranya di sini dikemukakan pengertian ilham. Ilham dari segi bahasa berarti menelan. Menelan dalam arti menghunjamkan sesuatu ke dalam jiwa. Sebagaimana firman Allah swt.

"Maka Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaaan. (Q.S. Asy-Syams: 8)"

Menurut M.Rasyid Ridha, Ilham adalah suatu perasaan emosional yang diyakini jiwa. Perasaan itu mendorong untuk melakukan yang dikehendaki tanpa disertai kesadaran jiwa dari mana datangnya. Keadaan seperti itu hampir sama dengan perasaan lapar, dahaga, sedih dan senang. Perilaku dan perbuatan lebah yang menimbulkan kekaguman itu bukanlah terjadi dengan kebetulan, melainkan karena berdasarkan ilham (ketetapan) Allah yang menentukan sebelumnya. Ilham untuk binatang yang bersifat naluri, tidak sama dengan ilham yang diberikan kepada manusia. Ilham untuk manusia merupakan suatu pengetahuan yang dihunjamkan langsung oleh Allah ke dalam hati orang yang dikehendakinya.


Dalam Al-Quran, kata wahyu ada yang mengandung arti ilham. Itu bukan berarti antara wahyu dan ilham selalu sama. Antara wahyu dan ilham mempunyai kesamaan dan perbedaan.

Kesamaan antara wahyu dan ilham adalah:

  1. Diterima manusia,
  2. Menimbulkan kepahaman dalam hati,
  3. Menumbuhkan keyakinan,
  4. Diberikan demi kemaslahatan,
  5. Pemberian Allah swt,

Perbedaan antara wahyu dan ilham adalah sebagai berikut:

  1. Wahyu diterima Nabi/Rasul melalui kasyaf syuhudi, yaitu melalui kehadiran malaikat atau kesadaran di samping kasyaf maknawi. Adapun ilham datang hanya melalui kasyaf maknawi, yaitu penghunjaman langsung oleh Allah swt kepada yang dikehendakinya.
  2. Wahyu hanya diterima manusia pilihan Allah yang mengemban tugas kenabian atau misi kerasulan. Adapun ilham dapat dilimpahkan Allah kepada manusia dan siapapun yang dikehendakinya, baik saat pintu kenabian masih terbuka maupun setelah tertutup.
  3. Wahyu diterima untuk kemaslahatan seluruh manusia atau umat tertentu. Adapun ilham untuk yang menerima saja tanpa adanya kewajiban menyampaikan kepada orang lain.
  4. Wahyu tidak diminta kepada Allah untuk diturunkan pada waktu-waktu tertentu. Adapun ilham menurut sebagian ulama dapat diminta kepada Allah melalui cara membersihkan diri dan bertaqarub kepadanya.
  5. Wahyu pintunya telah tertutup sejak berakhirnya tugas kenabian Muhammad saw. Adapun ilham senantiasa terbuka selagi masih ada manusia.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian, Persamaan Dan Perbedaan Antara Wahyu dan Ilham"

Silahkan berkomentar dengan santun dan sesuai tata krama kebijakan Google